Senin, 03 Desember 2018

Media Pembelajaran Biologi


Definsi Media Pembelajaran Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Dalam proses pemberian informasi media sangat mempunyai arti yang sangatlah penting, karena dalam kegiatan tersebut materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menggunakan media sebagai perantara. Sehingga kerumitan bahan atau materi yang akan disampaikan kepada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan media, media juga dapat mewakili apa yang kurang guru mampu ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Dengan demikian siswa mudah untuk mengerti apa yang disampaikan oleh guru. Namun perlu diingat, bahwa peranan media tidak akan terlihat bila penggunaanya tidak sejalan dengan isi dari tujuan informasi yang telah dirumuskan. Karena itu tujuan pengajaran harus dijadikan sebagai pangkal acuan menggunakan media. Media perlu diabaikan mana kala tidak lagi digunakan sebagai alat bantu, tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efesien.


A.      Pengertian media pembelajaran
Media adalah bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin medius yang berarti tengah. Dalam bahasa Indonesia kata medium diartikan sebagai “antara’ atau “sedang’.
Pengertian lain dari media ini sangat banyak dan beragam dikemukan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :
1.   Gagne
Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
2.   Briggs
Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
3.   Association of Education and Communication Technologi (AECT)
Media adalah segala bentuk dan saluran yang untuk menyalurkan informasi atau pesan.
4.   National Education Association (NEA)
Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya. Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar, dan dibaca.
5.  Dalam buku Media Instruksional Edukatif, Donald P. Ely dan Vernon S. Gerlach mengartikan media menjadi dua bagian:
a.  Arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik, dan elektronik yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan infomasi.
b. Arti luas, media yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baru.
Dari beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulannya bahwasanya media adalah segala sesuatu (benda, manusia, bergerak maupun tidak bergerak) yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Ada beberapa ahli memberikan pengertian belajar seperti diuraikan dibawah ini:
1. Sardiman A. M. Bahwa belajar adalah rangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik menuju keerkembangan pribadi manusia seutuhnya yang menyangkut unsur cipta, rasa karsa.
2.  Drs. Slameto menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sehingga hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
3.  Margon, dalam buku Intriduction to Psychology mengemukakan bahwa belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
4. Witherington, dalam buku Education Psychology bahwa belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian.
Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interkasi dengan lingkungan. Selain itu belajar juga merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang     dan berlangsung seumur hidup, sejak bayi hingga ke liang lahat yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku baik pengetahuan (kognitif), nilai dan sikap (afektif), maupun keterampilan (psikomotorik).



Secara umum bisa diartikan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada peserta didik.
Berikut beberapa pengertian media pembelajaran menurut para ahli:
1.  Gerlach dan Ely secara garis besar menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi sehingga membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.
2. Engkoswara dan Entang menjelaskan bahwa media pembelajaran merupakan suatu sistem pengajaran, metode, alat, evaluasi, yang semuanya saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan pengajaran.
3. Latuheru menjelaskan media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima.
4.   Sadiman menjelaskan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar. Dalam interaksi pembelajaran, guru menyampaikan pesan ajaran berupa materi pembelajaran kepada siswa.
5. Schramm menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
6. Romiszowski. Media pembelajaran adalah media yang efektif untuk melaksanakan proses pengajaran yang direncanakan dengan baik.
7. Azhar. Media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas, lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa  yang dapa merangsang siswa untuk belajar.
8. Rayanda Asyar. Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sehingga terjadi  lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
9.   Oemar Hamalik. Media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
10. Munadi. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Secara aplikatif media pemebelajaran di kelompokkan menjadi tiga yaitu sebagai berikut:
1.  Software, merupakan konstruksi atau bangunan yang telah disusun dan diatur sedemikian rupa, demi peruntukkan sebuag sistem kerja yang dijalankannya. Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangakat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
2. Hardware, atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras.
3. Brainware, adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan  dari hardware koputer maupun software komputer.

Demikian artikel pembahasan mengenai definisi media pembelajaran secara umum dan menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Kritikan dan saran saya perlukan agar artikel yang akan saya buat kedepannya semakin baik. Terima kasih. 

Daftar pustaka

Nunu Mahnun. 2012. Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta:  PT Raja Grafindo Persada.


Sadiman, Arief S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


8 komentar:

  1. Nice👍kembangkan lagi kakak 😊

    BalasHapus
  2. Bagus,, terus lembangkemb blog nya, mudah mudahan semakin bermanfaat bagi yang membutuhkan

    BalasHapus
  3. What is the difference between baccarat and other - WOWRione
    Baccarat has two 인카지노 distinct modes of play. First, there are two 바카라 사이트 levels of players: regular, intermediate and intermediate, or free-to-play. To get 1xbet started, you

    BalasHapus
  4. Casino Site for Canadian players
    Welcome to the best online casinos of 2021. This luckyclub.live is one of the world's most trusted and exciting gaming websites. Established in 2015 and based in Curacao,

    BalasHapus

Media Pembelajaran Biologi

Definsi Media Pembelajaran Secara Umum dan Menurut Para Ahli Dalam proses pemberian informasi media sangat mempunyai arti yang sangatl...