Definsi Media Pembelajaran Secara
Umum dan Menurut Para Ahli
Dalam
proses pemberian informasi media sangat mempunyai arti yang sangatlah penting,
karena dalam kegiatan tersebut materi yang disampaikan dapat dibantu
dengan menggunakan media sebagai perantara. Sehingga kerumitan bahan atau
materi yang akan disampaikan kepada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan
media, media juga dapat mewakili apa yang kurang guru mampu ucapkan melalui
kata-kata atau kalimat tertentu. Dengan demikian siswa mudah untuk mengerti apa
yang disampaikan oleh guru. Namun perlu diingat, bahwa peranan media tidak akan
terlihat bila penggunaanya tidak sejalan dengan isi dari tujuan informasi yang
telah dirumuskan. Karena itu tujuan pengajaran harus dijadikan sebagai pangkal
acuan menggunakan media. Media perlu diabaikan mana kala tidak lagi digunakan
sebagai alat bantu, tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan secara
efektif dan efesien.
A. Pengertian
media pembelajaran
Media
adalah bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin medius yang
berarti tengah. Dalam bahasa Indonesia kata medium diartikan sebagai “antara’
atau “sedang’.
Pengertian
lain dari media ini sangat banyak dan beragam dikemukan oleh para ahli,
diantaranya sebagai berikut :
1. Gagne
Media adalah berbagai
jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
2. Briggs
Media adalah segala
alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
3. Association
of Education and Communication Technologi (AECT)
Media adalah segala
bentuk dan saluran yang untuk menyalurkan informasi atau pesan.
4. National
Education Association (NEA)
Media adalah
bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya.
Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar, dan dibaca.
5. Dalam
buku Media Instruksional Edukatif, Donald P. Ely dan Vernon S. Gerlach
mengartikan media menjadi dua bagian:
a. Arti
sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik, dan elektronik
yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan infomasi.
b. Arti
luas, media yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga
memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baru.
Dari
beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulannya bahwasanya media adalah
segala sesuatu (benda, manusia, bergerak maupun tidak bergerak) yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat
merangsang fikiran, perasaan, perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses
belajar terjadi.
Belajar
merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai
hasil dari interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Ada
beberapa ahli memberikan pengertian belajar seperti diuraikan dibawah ini:
1. Sardiman
A. M. Bahwa belajar adalah rangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik menuju
keerkembangan pribadi manusia seutuhnya yang menyangkut unsur cipta, rasa
karsa.
2. Drs.
Slameto menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan, sehingga hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi
dengan lingkungannya.
3. Margon,
dalam buku Intriduction to Psychology mengemukakan bahwa belajar adalah setiap
perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu
hasil dari latihan atau pengalaman.
4. Witherington,
dalam buku Education Psychology bahwa belajar adalah suatu perubahan didalam
kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi yang
berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian.
Berdasarkan
uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar adalah suatu proses usaha
yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai
hasil dari interkasi dengan lingkungan. Selain itu belajar juga merupakan suatu
proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup, sejak bayi hingga ke liang lahat yang
ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku baik pengetahuan (kognitif),
nilai dan sikap (afektif), maupun keterampilan (psikomotorik).
Secara
umum bisa diartikan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar
mengajar. Yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pelajar sehingga dapat
mendorong terjadinya proses belajar pada peserta didik.
Berikut beberapa pengertian media
pembelajaran menurut para ahli:
1. Gerlach dan Ely
secara garis besar menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah manusia, materi,
atau kejadian yang membangun kondisi sehingga membuat siswa mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan atau sikap.
2. Engkoswara dan Entang
menjelaskan bahwa media pembelajaran merupakan suatu sistem pengajaran, metode,
alat, evaluasi, yang semuanya saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai
tujuan pengajaran.
3. Latuheru
menjelaskan media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang
digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan
(informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima
(dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Berdasarkan pendapat ahli
tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat bantu untuk
menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima.
4. Sadiman
menjelaskan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses
merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa
sehingga proses belajar dapat terjalin. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru
sebagai alat bantu mengajar. Dalam interaksi pembelajaran, guru menyampaikan
pesan ajaran berupa materi pembelajaran kepada siswa.
5. Schramm
menjelaskan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
6. Romiszowski.
Media pembelajaran adalah media yang efektif untuk melaksanakan proses
pengajaran yang direncanakan dengan baik.
7. Azhar.
Media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun
diluar kelas, lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen
sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di
lingkungan siswa yang dapa merangsang
siswa untuk belajar.
8. Rayanda
Asyar. Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala
sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara
terencana, sehingga terjadi lingkungan
belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara
efisien dan efektif.
9. Oemar
Hamalik. Media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik
yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi
antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
10. Munadi.
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan
pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang
kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan
efektif.
Secara
aplikatif media pemebelajaran di kelompokkan menjadi tiga yaitu sebagai
berikut:
1. Software,
merupakan konstruksi atau bangunan yang telah disusun dan diatur sedemikian
rupa, demi peruntukkan sebuag sistem kerja yang dijalankannya. Software merupakan
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangakat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
2. Hardware,
atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan
disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik komputer dapat kita sebut
sebagai Hardware atau Perangkat Keras.
3. Brainware,
adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau
sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware koputer maupun software
komputer.
Demikian
artikel pembahasan mengenai definisi media pembelajaran secara umum dan menurut
para ahli. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Kritikan dan saran saya
perlukan agar artikel yang akan saya buat kedepannya semakin baik. Terima
kasih.
Daftar pustaka
Nunu
Mahnun. 2012. Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan
Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam.
Azhar
Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman,
Arief S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nice👍kembangkan lagi kakak 😊
BalasHapussangat menarik dan bermanfaat .
BalasHapusSangat bagus 👍
BalasHapusBagus,, terus lembangkemb blog nya, mudah mudahan semakin bermanfaat bagi yang membutuhkan
BalasHapusKeren dan sangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat dan menarik
BalasHapusWhat is the difference between baccarat and other - WOWRione
BalasHapusBaccarat has two 인카지노 distinct modes of play. First, there are two 바카라 사이트 levels of players: regular, intermediate and intermediate, or free-to-play. To get 1xbet started, you
Casino Site for Canadian players
BalasHapusWelcome to the best online casinos of 2021. This luckyclub.live is one of the world's most trusted and exciting gaming websites. Established in 2015 and based in Curacao,